KarangRejek.NET
Official Website Desa Karangrejek


Regional

23/04/2014

Ide Kreatif, Tambah Penghasilan Dengan Budidaya Semut

Kroto Siap Jual Karya Sukarrmin
Gunungkidul – Karangrejek.net
Pernahkah Anda membayangkan bahwa semut bisa dibudidayakan dan menjadi alternatif tambahan penghasilan? Jika belum, saatnya Anda perlu sedikit meluangkan waktu untuk berkunjung ke rumah Sukarmin, salah satu warga Padukuhan Blimbing, Desa Karangrejek, Kecamatan Wonosari. Pasalnya sejak beberapa bulan lalu ia telah mencoba peruntungan dengan membudidayakan semut Rang-Rang (Ngangrang) dan kini hampir menuai sukses.
Mungkin bagi sebagian orang menganggap bahwa budidaya semut Rang – Rang merupakan sebuah ide gila yang tidak masuk akal. Tetapi lewat tangan dingin Sukarmin, semut yang notabene merupakan serangga yang dibenci sebagian orang, bisa jadi salah satu sumber pendapatan tambahan. Bahkan tidak menutup kemungkinan, berawal dari ide gila atau kreatif, seseorang bisa meraup kocek ratusan ribu rupiah dalam sebulan hanya dari semut.
“Selain mudah dalam perawatan dan tidak memerlukan lahan luas, budidaya semut tidak membutuhkan modal besar tetapi bisa menambah penghasilan dari penjualan kroto (telur semut). Kami menangkap peluang bisnis itu berawal dari kebutuhan akan kroto di pasaran yang masih sangat minim, sedang permintaan membludak. Khususnya di Yogyakarta, kroto dijadikan sebagai pakan tambahan (extrafood) burung berkicau dan campuran umpan ikan,” kata Sukarmin menjawab pertanyaan Karangrejek.net di kediamannya, Jumat (23/3/2012).
Melihat kenyataan di pasaran, melirik usaha penjualan kroto merupakan pilihan yang tepat bahkan bisa menjadi alternatif usaha yang cukup menjanjikan. Hal ini dipengaruhi mahalnya harga kroto dimana per 1 kilogramnya bisa mencapai Rp 70.000 – Rp 90.000 di tingkat pengepul. Padahal jika dalam kondisi normal, produktivitas telur semut mampu menghasilkan kroto antara 0,5 – 1 ons tiap toples/botol setiap 15 – 20 hari. Dengan demikian berarti, dalam budidaya semut bisa menghasilkan kroto siap jual setiap 15 – 20 hari sekali.
Dijelaskannya, untuk memulai usaha budidaya kroto seseorang harus menyiapkan beberapa komponen diantaranya adalah lahan sekitar 2 – 3 m2, rak, dan toples/botol untuk rumah semut. Kemudian pindahkan rumah semut dari alam (masih bentuk daun) ke dalam toples/botol. Setelah melalui proses adaptasi selama beberapa hari, semut menempati toples/botol dan pada saatnya nanti ratu semut akan mulai bertelur setelah dibuahi oleh beberapa pejantan. Sedang perawatannya hanya diberi makan berupa belalang, jangkrik maupun ulat berikut minuman berupa air gula secukupnya.
“Saat ini kami baru memiliki modal 95 toples semut, sebagian besar sudah menghasilkan kroto. Kemungkinan kami baru bisa melakukan panen kroto perdana sekitar Bulan Mei mendatang. Diperkirakan, hasil panen kroto 95 toples bisa menghasilkan kroto minimal 4,75 kilogram. Jika dirupiahkan sedikitnya mencapai Rp 332.500 tiap 20 hari sekali dengan asumsi harga kroto Rp 70.000 per kilogramnya,” ucap Sukarmin optimis mampu menutup target 300 toples indukan semut Rang – Rang pada tahun 2012 ini.
Secara terpisah Kepala Desa Karangrejek, Kasdi Siswo Pranoto mengharapkan agar peluang usaha budidaya semut Rang – Rang tersebut segera mendapat perhatian dan bimbingan dari Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dalam hal pengembangannya. Selain merupakan usaha yang masih terbilang menjanjikan, program budidaya semut juga dinilai dapat memberikan peluang kerja dan tambahan pendapatan masyarakat di masa mendatang. (Wheny Marissa)





53 Comments


  1. supriyanto

    tingkatkan usaha anda suatu saat akan meraih sukses yg penting rajin,ulet, tlaten dan jangn pernah menyerah yakinlah anda akan berhasil


  2. haris nugroho

    ruarrrr biasa dahsyat ide gilllanya.. tak ku sangka semut bisa di budidayakan,,,, saya juga mau membudidayakannya… 08175475597


    • Untuk info selengkapnya dapat menghubungi Posdaya Guyub Padukuhan Blimbing dengan nomor kontak Saudara Sukarmin di nomor 085292921949


  3. Taufik

    Salam kenal Om , saya Taufik.

    Informasi yg sangat luarbiasa dan bermanfaat.
    jadi berminat dan ingin tahu lebih kelanjutannya.

    Bisa berbagi ilmunya enggak om ?
    Cp : 085725325984

    Makasih


  4. posting yang sangat bagus gan, terima kasih artikelnya, mohon izin copas gan, salam sukses selalu


  5. informasi sgt bermanfaat gan..bs sekalian di share cara pemanenan gan?


  6. thanks infonya .
    boleh dicoba ni bisnis baru


  7. wawan carsiwan

    terimakasih infonya….saya tertarik untuk mencoba…semoga usaha anda semakin sukses….peluang yang luar biasa…


  8. untuk budidaya semut rangrangnya….posisi toples dalam keadaan tertutup nggak?apa nggak mati kalo ditutup…??terus bagaimana cara memanen krotonya?


  9. bagus isnaeni

    wah tertarik neh dengan usaha kecil hasil melimpah….
    omong bisa bagi-bagi ilmunya gak (bagi-bagi rejeki)….
    bisa minta yang bisa dihub gak bos….?
    081233063565 itu aq


  10. poke nyaman

    bagi ilmu donk gan,,,,,,ane sangat tertarik dengan tread ne…………
    bagaimana carax berternak pake toples tu gan (proses awal hingga panen)?????


  11. SYAIFULL ARIFIN

    hallo gan..sya mau mta tlng ni,saya baru mau mncoba trick ni tpi masih binggung cara pemeliharaan nya ma cara makan sampe panen ni gan bgi info dong bang, no saya 082136618199 makasih


  12. terimakasih atas inspirasinya..
    ini akan sangat bermanfaat untuk banyak orang, termasuk saya sekeluarga yang akan turut mencoba peruntungan budi daya semut rang – rang
    nice info :D


    • ripto baltimore

      Sebuah usaha yg memberikan solusi bagi yg bermodal minim tapi berkeinginan untuk sukses…semoga usaha anda tambah maju dan berkembang pesat..terimakasih sudah mau berbagi ilmu…semoga banyak yg terinspirasi untuk mencoba usaha seperti yg anda lakukan…trimakasih …trimakasih


  13. sudarsono

    bagaimana agar harga tidak bisa turun ?bisanya klo barang banyak pasti harga hancur.


  14. solicha rifai

    tq infox,suami sy jd tertarik utk budi daya kroto jg.


  15. fandi

    trims buat para blog semut rang-rang, saya sudah memulainya,media toples dan bambu,semut juga udah bersarang bro!!


  16. lek aku sesok tak dolan nenggonmu tak delok carane penasaran iki.


  17. wahyu setiawan

    iya… q da nyoba nei…. cuman cari sarang ratunya yg susah


  18. lasman

    mksih om infonya saya akan coba


  19. nggomet

    mantab gan………bagi ilmu doonk,boleh tidak kita kunjungan kerja kesitu,?sukses……….


  20. hasan

    makasih banget,,,, ok


  21. abror

    makasih…..infonnya
    Kalau mau beli bibitnya ada nggak om….?


  22. husnul huda

    nopo kulo angsal belajar pakde?


  23. Mas, kalau ikut pelatihan bagaimana cara memelihara dan budidaya semut rangrang dengan Mas, apakah bisa? saya tertarik sekali. Terima kasih atas informasi yang sangat berguna


  24. taufiq

    mantap banget deh….. aq udah coba bru beberapa minggu udah mulai bertelur, ada nga makanan khusus or perlakuan khusus biar bertelurnya makin cepet ????????
    …..thanks infonya
    no telp 085793176635 (bandung)


  25. hakim

    boleh kpan2 b’kunjung omm.. ane pngin kawruh..


  26. wawan

    hebat eueuy urang hayang nurutan (ceuk urang garut)


  27. ratno

    akan ku conto kegiatan berternak angrang.


  28. ratno

    makasih infonya om …………….


  29. dwi r

    gila abis usaha lu bikin gue iri


  30. andriyani

    kapan lagi pelatihan diadakan dan berapa kontribusinya . . .


  31. sunarto

    saya tertarik sekali boleh ya pak saya minta info susunan toples dan cara pengaturannya matur nuwun.


  32. bayu traseng

    makasih ud mau berbai ilmu..
    mintak ijin tuk ikut budidaya.. timss


  33. kang yadi

    tak meguru bos saya tak dateng ketempatnya


  34. SaNg_KeLLaNa

    tankz infonya bos, moga bisa menjadi inspirasi tuk kita semua. dan mdah2an masih banyak lagi ide2 gila yang bisa membuat negara ini bangkit……..

    salam inspirasi…..

    sukses tuk anda.


  35. wow

    kita sering tidak sadari, uang didepan mata tidak terlihat…


  36. maaf bapak, mau tanya cara panennya gimana ya … ?


  37. dodit

    gan, pa gak berantem semut rangrang nya
    soalnya sarang semut rangrangnya ,berdekattan?

    cara nya gimana?


  38. kepala desa karangrejek pasti bisa membuat semua jdi lbh baik…
    Sukses selalu…!!!


  39. ide yang sangat luar biasa


  40. budi

    Bagus pa Min. Ni bisa di conto ama teman2 yang ada hobi nyelametin ngangrang. Ngangrang selian produktif juga sebagai musuh alami penggerek batang dan penggerek buah coklat. Karena banyak orang pake pestisida maka banyak rangrang yang mati. Ni suatu pelestarian lingkungan tuk selamatkan alam.


  41. ibonk

    ide yg luar biasa…. saya baru mencoba gan… tapi tanpa ratu bisa ga yah… boleh di share ilmunya gan.. smg yang maha kuasa berikan balasannya atas ilmu yg di sharenya.. Amien


  42. arfian

    itu belinya bibitnya di mana ya mas


  43. Apa bisa kami ajak pemuda2 RT kami ikut pelatihan ternak ngangrang di sini. Apa jual indukannya? Sukses


  44. susilo eko purwanto

    Thank’s bnget tuk info’a…
    Qt mo nyobain,,

    Smga bisnis ini jaya terus,

    sukses wat Qt smua,,,


  45. bj.Prasetyo

    budidaya rangrang, Tidak semudah membalikan telapak tangan. Mungkin ada yang bilang bahwa budidaya semut rangrang gampang gampang susah.. yang saya alami adalah susah susah susah. perlu kesabaran Ekstra dan Pemahaman Tentang Siklus Hidup semut ini. . Trims


  46. supri

    kalau dihitung kira2 :
    95 toples (20 hari ) = 4.75 kg
    300 toples (20 hari) = 15 kg x Rp. 70.000,- = Rp. 1.050.000,-
    300 toples (30 hari) kira2 Rp. 1.050.000,- x 1.5 = Rp. 1.575.000,-
    wah kalau punya 600 toples per 30 hari kira2 Rp. 3.000.000,-

    ok, deh sukses,
    ditanjungpinang kepulauan riau harga kroto sampai Rp. 120.000,- per kilo, sy mau coba nih jadinya… trims infonya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>